Sabtu, 04 Juli 2009

Sinopsis : Twilight

Pengarang : Stephenie Meyer
Tebal : 520 hal
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Isabella Swan adalah pendatang baru dari kota Phoenix. Ia meninggalkan kota kesayangannya untuk hidup bersama dengan sang ayah, kepala polisi Charlie Swan begitu panggilannya, di kota kecil Forks. Bella rela berpisah dengan ibunya agar sang ibu dapat merasa nyaman hidup bersama pasangan barunya.
Forks adalah kota yang sangat berkebalikan dengan Phoenix, dimana matahari senantiasa bersinar cerah. Namun di kota ini dia bertemu dengan Edward Cullen, seorang pemuda super tampan nan misterius. Rasa ingin tahu Bella semakin besar setelah Edward menyelamatkannya dari sebuah kecelakaan secara ajaib.
Dengan menggabungkan berbagai fenomena yang terjadi pada diri Edward dan legenda rahasia yang didapatkan dari Jacob, anak teman Charlie yang diam-diam menyukainya, Bella menarik kesimpulan bahwa Edward adalah seorang vampire.
Namun hal itu bukan membuatnya semakin takut dan meninggalkan Edward. Hubungan keduanya makin jauh, apalagi ternyata Edward juga merasa penasaran karena tidak mampu membaca pikiran Bella, hal yang sebenarnya mudah karena dia memiliki kemampuan khusus dalam membaca pikiran orang.
Berbeda jauh dengan vampire lain, keluarga vampire Edward dapat hidup membaur dengan masyarakat Forks dalam batas-batas tertentu. Dr. Carlisle Cullen, ayah angkat Edward, adalah dokter muda tampan yang disegani. Asal usul sebagian besar anggota keluarga Cullen adalah orang-orang hampir terbunuh, yang kemudian "diselamatkan" oleh Dr Cullen. Mereka adalah Esme (istri Dr Cullen), Emmett, Rosalie, Alice (vampire muda yang lincah dan mampu membaca kejadian di masa depan), dan Jasper (pasangan Alice yang memiliki kemampuan 'menciptakan suasana').
Untuk memenuhi kebutuhan mereka akan rasa lapar, keluarga Cullen memburu binatang-binatang liar yang ada di hutan sekitar Forks. Ini yang membedakan mereka dengan keluarga vampire yang lain karena mereka lebih "beradab".
Dalam suatu kesempatan, Bella ikut menyaksikan pertandingan bisbol ala keluarga Cullen di sisi lain hutan Forks. Tak disangka, muncul tiga vampire lain yang ingin ikut bergabung dalam permainan mereka. James, sang ketua mencium bau manusia Bella dan ingin menjadikan Bella buruannya. Edward dan keluarga Cullen yang lain berusaha melindungi Bella dengan mengungsikan Bella ke Phoenix dan merencanakan skenario penipuan keberadaan Bella.
Di akhir cerita, Bella berusaha melepaskan diri dari penjagaan keluarga Cullen yang berusaha melindunginya karena terpaksa memenuhi ancaman James untuk datang ke sebuah studio ballet yang ditunjuk. Pada akhirnya, Bella berhasil diselamatkan oleh keluarga Cullen. Namun ia mengalami luka di tangannya dan akhirnya membutuhkan keberanian Edward untuk menghisap racun yang mulai menjalar di tubuhnya. Jika Edward tidak dapat mengendalikan diri saat menghisap racun tersebut, maka darah Bella akan terhisap seluruhnya hingga mati.
Novel remaja ini mampu mengajak pembaca merasakan konflik batin yang dialami oleh Edward dan Bella. Secara umum, kisah yang diangkat adalah romantisme antara Edward dan Bella. Cukup ringan untuk dinikmati dan pantas untuk dikoleksi oleh para penggemar fiksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar