Selasa, 13 September 2016

Macam-macam Pelembab Tubuh



Bukan hanya kulit wajah yang perlu kita rawat loh, tapi juga kulit tubuh. Biasanya kita akan mulai histeris begitu menemui bagian-bagian kulit tubuh yang menua, seperti kulit tangan, siku, lutut, tumit dan lainnya. Kulit tubuh menjadi kering, bersisik dan mulai muncul spots. Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi terlalu dini, sebaiknya kulit tubuh pun dirawat tiap hari. Untuk bisa memilih pelembab yang paling cocok dengan kulit tubuh, kita perlu mengetahui kondisi kulit, aktifitas dan iklim tempat tinggal kita. Dengan demikian kita bisa memilih nutrisi dan vitamin kulit yang kita harapkan dari pelembab yang akan kita pilih.

Body Lotion
Ini adalah pelembab yang paling ringan. Teksturnya yang encer membuat lotion mudah terserap dan diapplikasikan berulang tiap beberapa jam ke seluruh kulit tubuh. Meski cocok digunakan untuk kulit normal, sekarang banyak juga yang memiliki varian yang ditujukan untuk kulit kering. Biasanya saya menggunakannya setelah mandi dan re-apply saat merasa kulit mulai kering. Lotion biasanya bersifat melapisi permukaan kulit untuk memberikan perlindungan dari luar. Paling cocok digunakan untuk kita yang tinggal di daerah tropis. Karena formulanya yang ringan dan mudah meresap, maka lotion ini cocok digunakan untuk kulit berminyak sekalipun.

Body Cream
Body cream memiliki tekstur yang lebih kental daripada lotion, namun lebih encer daripada body butter. Lebih lama diserap oleh kulit dan biasanya berfungsi untuk melembutkan kulit. Bisa dipakai diseluruh tubuh atau difokuskan ke bagian-bagian yang kering saja sambil dipijat ringan. Karena teksturnya yang lebih creamy, biasanya keharuman yang terkandung di body cream ini bisa bertahan lebih lama di kulit tubuh.

Body Butter
Body butter memiliki tekstur yang lebih kental, padat, dan kadang terasa sedikit berminyak. Biasanya banyak mengandung lemak kacang atau buah, dan sangat sesuai untuk kulit yang lebih kering. Teksturnya tidak mudah menyerap, cocok untuk pemakaian overnight agar keesokan hari kulit lebih lembab. Pemakaiannya juga bisa ditekankan ke bagian kulit yang sangat kering, seperti siku dan tumit. Sifatnya memperangkap uap air dan oksigen di lapisan atas kulit. Bahkan banyak ibu hamil yang menggunakan body butter ini agar terhindar dari stretchmark. Body butter juga cocok untuk pijat karena nutrisinya lebih kaya dan tidak mudah terserap oleh kulit.

Body Serum
Biasanya orang mengenal serum untuk dipakai di wajah dan di rambut, namun sekarang muncul body serum yang menggunakan serum (CLA, AHA, dll) untuk dipakai di tubuh. Nivea dan Vaseline salah satunya yang paling mudah ditemukan di supermarket. Partikel molekulnya yang kecil mudah menyerap ke dalam lapisan kulit. Untuk memaksimalkan penggunaan bahan aktifnya, pakailah body serum sambil sedikit dipijat. Jika lotion melindungi kulit dari lapisan luar (protective barrier), maka serum berfungsi menghidrasi dan memberikan perlindungan dari dalam. Oh ya, body serum ini paling baik digunakan dalam keadaan kulit masih lembab (misal sehabis mandi) , agar makin mudah diserap.

Body Mist
Komposisi body mist terdiri dari air dan minyak dalam jumlah tertentu yang berfungsi sebagai pengikat air. Biasanya disimpan dalam kemasan botol spray. Cara memakainya sangat mudah, tinggal menyemprotkannya ke kulit tubuh setelah mandi karena sabun membuat kulit menjadi lebih kering. Body mist juga dapat disemprotkan saat kulit terasa lelah setelah beraktifitas. Semprotannya akan membuat kulit kembali segar.

Mana jenis pelembab yang paling kamu suka? 😉

2 komentar:

  1. Wah kalo aku paling suka pake body butter walaupun hasilnya oily tapi yang paling sering sih body lotion hihi great post!

    frenchkiesa.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. absolutely agree! dimana-mana pasti ada pelembab, kamar mandi sampai kamar tidur. hehehe...

      thanks udah maen n ninggalin comment ya..
      sudah main juga ke blog mu say, so inspired! 😘

      Hapus