Minggu, 28 Agustus 2016

Obat yang harus tersedia di rumah 😙

Berhubung si kecil lagi sakit, jadi terpikir obat apa saja sih yang harus tersedia di rumah?


1. Paracetamol



Penurun panas ini wajib tersedia di rumah. Apalagi demam tinggi biasanya terjadi di malam hari. Begitu termometer sudah menunjukkan angka 37.6 ke atas, langsung deh siapin parasetamol. Cuma pemakaiannya tidak boleh terus menerus ya moms. Tetap saya sarankan ke dokter apabila demam tidak membaik, yang kita lakukan hanyalah pertolongan pertama. Siapa tahu ada infeksi atau radang yang harus diobati. Atau bahkan gejala penyakit tipus/ demam berdarah. Biasanya dokter akan menyarankan periksa darah apabila dalam 3 hari demam tidak membaik.

Oh ya, untuk anak yang ada kecenderungan mengalami kejang pada saat demam, sebaiknya kita juga menyediakan obat anti kejang di rumah.



2. Obat luka



Obat luka yang tersedia dirumah ada 3 macam : antiseptik, pembalut dan obat memar. Ini wajib ada apabila punya anak-anak kecil, apalagi yang super aktif. Hehehe... Bersihkan luka dengan antiseptik, usahakan kotoran jangan sampai masuk dalam luka untuk mencegah infeksi. Bagaimana kalau lukanya dalam? Saran saya, segera bawa ke rumah sakit. Siapa tahu perlu dijahit. Tetap tenang, jangan panik ya moms..



3. Obat gosok



Entah berupa minyak, salep atau balsam, obat ini juga selalu ada di rumah. Bisa untuk mengatasi gagal karena gigitan serangga, kembung, dan banyak lagi. Aroma menthol nya bisa menenangkan dan melegakan pernapasan.



4. Obat bebas



Maksudnya yang dijual secara bebas,moms. 😁 Biasanya saya punya stock obat batuk, flu, sakit kepala, dan sakit perut. Jadi tidak perlu keluar rumah apabila ada yang tiba-tiba sakit. Jangan lupa menyediakan oralit,moms. Usahakan terus ada cairan yang masuk agar tidak dehidrasi. Apabila tubuh tidak bisa menerima cairan apapun, segeralah ke rumah sakit.



5. Vitamin Hmm..ini bukan obat ya? Tapi tetap selalu ada dirumah sih. Apalagi bila ada anggota keluarga yang sakit, pasti yang lainnya makin rajin minum vitamin-nya. Hehehe...



Jangan lupa memeriksa kadaluarsa semua obat-obatan secaa rutin ya moms. Sepertinya sudah waktunya saya untuk bongkar-bongkar persediaan obat juga nih... Kira-kira obat apalagi ya yang wajib tersedia di rumah?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar